Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

50 Fakta Menarik Tentang Michael Phelps, Atlet Renang Terbaik Sepanjang Masa

Lahir pada tahun 1985 di Maryland , AS, Michael Phelps adalah mantan juara renang yang dikenal sebagai atlit renang olimpiade atau biasa disebut olympian yang paling banyak mendapatkan medali. Sepanjang karirnya yang sangat gemilang, Michael Phelps berhasil mengumpulkan 28 medali Olimpiade, termasuk 23 medali emas. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah 50 fakta menarik tentang Michael Phelps yang mencakup perjalanan masa kecilnya, pendidikan, karier atlet renang, pola pikir wirausaha, dan banyak lagi.

50 Fakta Menarik Tentang Michael Phelps, Atlet Renang Terbaik Sepanjang Masa
Michael Phelps foto dengan medali emas olimpiade yang diraihnya.

Masa Kecilnya

1. Anak bungsu dari tiga bersaudara

Michael Phelps memiliki dua kakak perempuan, Hilary dan Whitney, yang memainkan peran penting dalam membentuknya menjadi perenang kelas dunia dengan memperkenalkan olahraga berenang pada usia yang sangat muda, dengan mengajak Michael untuk menemani mereka berenang.

2. Dia menderita Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) sebagai seorang anak

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), anak-anak dengan ADHD biasanya cenderung memiliki tingkat energi yang tinggi. Untuk mengalihkan beberapa tindakan hiperaktif Michael, orang tuanya sering mengajaknya berenang.

3. Awalnya, dia takut memasukkan kepalanya ke dalam air

Michael mulai berenang ketika dia berusia sekitar 7 tahun. Karena takut memasukkan kepalanya ke dalam air, ia pertama kali belajar teknik renang gaya punggung.

4. Kemunculan seekor ular di halaman belakang membuatnya trauma sampai saat ini

Ketika ia masih muda, Michael pernah mengangkat batu di halaman belakang, lalu tiba-tiba muncul dari bawah  seekor ular mendesis dengan posisi siaga menyerang. Sampai saat ini, dia masih sering berbicara tentang betapa traumanya dia dan bagaimana dia takut pada ular.

Michael Phelps Muda saat mengikuti olimpiade sydney tahun 2000
Pada usia 15 tahun, Phelps menjadi perenang pria termuda yang lolos ke tim Olimpiade Amerika sejak 1932, ketika ia lolos mengikuti Olimpiade Sydney 2000.

Pendidikan

5. Dia bersekolah di Towson High School dan kemudian kuliah di Michigan University

Michael bersekolah di Dumbarton Middle School, Towson High School, dan University of Michigan . Dia kemudian bergabung dengan Klub Akuatik Baltimore Utara di mana dia bertemu dengan pelatih renang lamanya, Bowman.

6. Dia tidak berenang untuk mewakili Universitas Michigan

Pada saat Michael kuliah di University of Michigan, dia sudah menjadi perenang profesional sehingga dia tidak bersedia menjadi perenang yang mewakili kampus

7. Dia kesulitan untuk fokus belajar saat di sekolah

Sebagai pasien ADHD, Michael sering mendapatkan masalah di sekolah karena tidak bisa fokus. Syukurlah, keluarganya selalu mendukung dan membelanya di depan gurunya yang tidak mengerti masalah sulit konsentrasi yang diderita Michael.

8. Dia belajar Pemasaran dan Manajemen Olahraga

Di Universitas Michigan, Michael mengambil jurusan Pemasaran dan Manajemen Olahraga tetapi ikut serta dalam kompetisi dan latihan renang.

Karir Renang Michael Phelps

9. Dia adalah perenang termuda yang memecahkan rekor dunia

Michael berusia sekitar 15 tahun ketika dia memecahkan rekor dunia dalam renang, menjadi perenang termuda yang memecahkan rekor, rekor yang dia pegang hingga hari ini.

10. Dia benci berenang pada awalnya

Jika bukan karena ayah dan saudara perempuannya yang juga atlet dan suka berenang, Michael mungkin akan mengambil jalur karier lain. Ini karena dia tidak suka berenang pada awalnya, dan hanya mempelajarinya untuk alasan keamanan.

Michael Phelps memenangkan Olimpiade Rio 2016 renang kupu-kupu 200 meter
Michael Phelps memenangkan Medali Emas Olimpiade Rio 2016 renang kupu-kupu 200m. Juga menjadi perenang pemegang rekor juara AS dengan mencetak medali emas lainnya di Aquatic Stadium

11. Dia adalah perenang pria tertua yang memecahkan rekor dunia

Pada 9 Agustus 2016, Michael menjadi perenang pria tertua yang memenangkan medali emas individu. Namun, empat hari kemudian, Anthony Ervin yang berusia 35 tahun menjadi perenang tertua dalam sejarah Olimpiade yang memenangkan medali emas.

12. Dia memegang 26 Rekor Dunia Guinness

Medali yang dia kumpulkan sepanjang karir renangnya membuatnya mendapatkan 26 posisi di Guinness World Records.

13. Dia Rutin melakukan bekam

Bekam adalah praktik pengobatan tradisional Tiongkok yang penempatan benda mirip cangkir di kulit untuk meningkatkan daya hisap dan meningkatkan penyembuhan otot dan aliran darah. Ini juga dapat menghilangkan racun dari tubuh.

michael phelps berenang dengan kulit habis bekam
Michael Phelps Olimpiade Rio 2016 renang kupu-kupu 200m dengan bekas bekam ditubuhnya.

14. Dia memiliki rutinitas latihan yang ekstensif

Selain berenang secara teratur, Michael juga mengambil bagian dalam latihan kekuatan tubuh, yang sebagian besar berfokus pada pengembangan fisik dan penguatan tulang belikatnya. Dia juga memakai pakaian kompresi untuk mempercepat penyembuhan setelah latihan kekuatan.

15. Salah satu jalan di Baltimore diberikan dengan namanya

Setelah Olimpiade musim panas 2004, kota Baltimore, yang merupakan kota kelahiran Michael, memberi salah satu jalannya dengan nama Michael Phelps Way.

16. Dia menjadi Olympian yang paling banyak mendapatkan medali pada usia 27 tahun

Pada saat ia pensiun dari renang, Michael telah memenangkan 23 medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu. Dia masuk Guinness World Records sebagai salah satu Olympian yang paling mendapatkan medali

17. Dia berenang sejauh 50 mil setiap minggu untuk persiapan Olimpiade musim panas 2008

Kerja keras Michael memainkan peran besar dalam membangunnya sebagai perenang elit, yang mendominasi olahraga selama bertahun-tahun. Misalnya, dalam persiapan untuk Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing, ia berenang hingga 80.000 meter per minggu.

18. Dia adalah atlet Olympian terkaya kelima

Perkiraan kekayaan bersihnya adalah sekitar $80 juta. Sebagian besar penghasilannya berasal dari dukungan merek-merek besar, dan ini membuatnya menjadi salah satu Olimpiade terkaya.

19. Dia pernah mengalami patah tulang skafoid

Pada tahun 2007, Michael tersandung dan jatuh mengenai pergelangan tangannya, akibatnya tulang skafoid di pergelangan tangannya patah. Meskipun dia pikir ini akan menjadi akhir karirnya, pelatihnya meyakinkan bahwa cedera itu tidak akan mempengaruhi karirnya.

20. Dia mendapatkan bonus senilai $1 juta dari Speedo

Michael memenangkan sekitar 7 medali emas dalam satu ajang Olimpiade, dan ini mendorong Speedo untuk memberinya bonus $1 juta, yang ia gunakan untuk mendirikan yayasan.

21. Sempat berpikir pensiun lebih cepat

Pada 2012, Michael berpikir sudah waktunya baginya untuk pensiun dari renang. Namun, ia berpartisipasi kembali dalam kompetisi lain hingga 2016 ketika ia memutuskan pensiun untuk selamanya.

Michael Phelps USA (kiri), Laszlo Cseh HUN,Joseph Schooling SGP dan Chad le Clos RSA saat upacara medali setelah gaya kupu-kupu 100m Putra Olimpiade Rio 2016
Michael Phelps USA (kiri), Laszlo Cseh HUN, Joseph Schooling SGP dan Chad le Clos RSA saat upacara medali setelah gaya kupu-kupu 100m Putra Olimpiade Rio 2016

22. Dia juga suka bermain golf

Saat tidak di kolam renang, Michael menikmati bermain golf sebagai hobi dan juga cukup mahir. Di Alfred Dunhill Links Champions 2012, misalnya, Michael melakukan putt setinggi 153 kaki, menunjukkan kemampuannya di lapangan golf.

23. Dia kekurangan vitamin D

Meski makan banyak, terutama saat latihan, Michael masih kekurangan vitamin D, sehingga memaksanya mengonsumsi suplemen vitamin D.

24. Dia suka gaya kupu-kupu

Meskipun pertama kali mempelajari teknik renang gaya punggung, Michael lebih memilih teknik kupu-kupu karena mendorongnya lebih cepat. Bahkan, gaya kupu-kupu telah memenangkan banyak rekor dunia untuknya.

Karir di dunia Pemasaran dan Bisnis

25. Ketika pensiun dari dunia renang fokus menjadi pengusaha

Pada tahun 2016, Michael berpartisipasi dalam kompetisi renang terakhirnya. Saat ini, Michael adalah seorang pengusaha, yang sebagian besar berfokus pada dunia periklanan produk.

26. Dia memiliki merek pakaian renang bernama MP

Kegemaran Michael untuk berenang menginspirasinya untuk membangun merek pakaian renang yang memiliki ragam desain, salah satunya yang ia pernah kenakan di Olimpiade Rio.

27. Dia memiliki aplikasi emoji

Terinspirasi oleh karir renangnya, Michael mengembangkan aplikasi yang berisi sekitar 100 emoji. Aplikasi ini berharga $ 1 dan sebagian besar berisi emoji yang menggambarkan olahraga renang.

28. Dia memiliki banyak sponsor

Sponsor yang luar biasa telah membantu Michael berkembang tidak hanya dalam karirnya sebagai perenang tetapi juga dalam perjalanan kewirausahaannya. Beberapa perusahaan yang pernah ditanganinya antara lain Omega, Aqua Sphere, dan Under Armour.

Kehidupan Pribadi dan Keluarga Michael

29. Dia adalah seorang ayah yang penyayang anak

Michael memiliki tiga putra yang sangat dia cintai. Ketika putra sulungnya masih kecil, dia akan meminta hingga 30 foto bayinya per hari jika dia pergi ke luar kota. Putra-putranya juga menghadiri beberapa sesi latihan renang Michael.

30. Dia menikah dengan model Amerika

Pada 2016, Michael menikahi Nichole Johnson Phelps, seorang model dan ratu kecantikan Amerika. Nicole adalah mantan Miss California, dan juga pernah mengikuti kontes kecantikan Miss USA.

31. Dia jarang berinteraksi dengan ayahnya

Setelah orang tuanya bercerai di awal tahun 90-an, Michael tinggal bersama ibunya, Debbie, seorang kepala sekolah menengah. Sampai saat ini, Michael tidak terlalu banyak berkomunikasi dengan ayah kandungnya.

Debbie & Michael Phelps menghadiri peragaan busana untuk Heart Truth Red Dress Collection 2012 di Hammerstein Ballroom
Michael Phelps dengan ibunya, Debbie menghadiri peragaan busana untuk Heart Truth Red Dress Collection 2012

32. Michael memberi nama putranya, Boomer, sama seperti pelatihnya

Karena hubungan luar biasa yang dimiliki Michael dengan pelatih lamanya, Bob Bowman, dia memilih nama tengah putranya, Robert, untuk menghormati sang pelatih.

33. Ayahnya juga seorang atlet

Meskipun ia bekerja sebagai polisi Negara Bagian Maryland, ayah Michael, Fred Phelps, juga seorang atlet serba bisa yang memperkenalkan putranya pada olahraga di usia muda. Namun, hubungan mereka berkurang setelah perceraian.

34. Dia bertemu kembali dengan ayahnya di tempat rehab

Sejak perceraian orang tuanya pada usia sembilan tahun, Michael tidak pernah berhubungan dengan ayahnya. Namun, meskipun tidak berhubungan selama bertahun-tahun, Michael mengunjungi ayahnya di rehabilitasi setelah ayahnya dihukum karena pelanggaran DUI.

35. Putranya, Boomer, memiliki banyak pengikut Instagram

Pada saat Boomer baru berusia tiga bulan, ia sudah memiliki 258.000 pengikut di akun Instagram-nya. Ketenaran ayahnya sangat berkontribusi untuk ini. Hari ini, ia memiliki hampir 600 ribu pengikut di platform media sosial yang sama. 

36. Dia menikmati karaoke carpool

Setiap kali dia istirahat dengan tim renang Olimpiade AS, Michael akan bergabung dengan yang lain dalam beberapa sesi karaoke carpool.

Filantropi

37. Dia membangun sebuah yayasan untuk mempromosikan keamanan air

Michael mendirikan Yayasan Michael Phelps pada tahun 2007, yang bertujuan untuk mempromosikan hidup sehat, keamanan air, dan pemeliharaan kualitas air. Dia membantu ribuan anak berenang dengan aman.

38. Dia Advokasi untuk Anak-anak dengan Masalah Kesehatan Mental

Berdasarkan perjuangannya dengan kesehatan mental sebagai seorang anak, Michael memutuskan untuk menjadi seorang aktivis kesehatan mental. Itu sebabnya dia menulis buku berjudul “No Limits: The Will to Succeed” dan “Beneath the Surface” untuk mendorong orang lain melalui pengalamannya sendiri.

39. Dia mendukung banyak badan amal

Selain membantu anak-anak perkotaan melalui yayasannya, Michael Phelps juga telah mendukung badan amal lainnya, antara lain Make-a-Wish Foundation, Boys and Girls Club of America, dan BID TO BEAT AIDS.

40. Dia adalah seorang konselor informal

Meski pensiun dari renang, Michael sesekali menasihati teman dekatnya yang juga bintang renang tentang cara menavigasi karir renang, seperti dilansir New York Times (NYT).

10 Fakta Menarik/Menyenangkan Tentang Michael Phelps

41. Dia memiliki banyak nama panggilan

Karena kemampuan berenangnya, Michael memiliki julukan seperti MP, The Baltimore Bullet, Deep Sea Frog, dan Half-Man Half-Fish. Rekan satu timnya menamainya Gomer.

42. Dia mengkonsumsi 12.000 kalori per hari selama Olimpiade 2008

The Calorie Control Council (CCC) merekomendasikan untuk mengonsumsi standar 3000 kalori per hari untuk pria. Anehnya, Michael mengkonsumsi 12.000 kalori setiap hari selama mengikuti Olimpiade 2008, hal itu dimungkinkan karena tubuhnya membutuhkan banyak asupan energi.

Michael Phelps saat perayaan medali di Olimpiade Rio 2016
Michael Phelps saat perayaan medali di Olimpiade Rio 2016

43. Dia memiliki playlist musik sebelum bertanding

Sebelum mengikuti kompetisi renang, ia selalu mendengarkan playlist hip-hop favoritnya. Itu sebagian besar terdiri dari lagu-lagu Eminem, Eric Church, dan Young Jeezy, meskipun ia kemudian menambahkan beberapa musik country yang keren.

44. Dia mengaku pernah kencing di kolam renang

Dalam wawancara dengan Wall Street Journal (WSJ), Michael mengaku sesekali pipis di kolam renang. Lebih lanjut dia mengatakan, buang air kecil di kolam renang adalah hal yang biasa bagi perenang.

45. Dia pernah menggunakan sabun cuci tangan untuk mencuci piring di mesin pencuci piring

Michael tidak menyadari bahwa dia telah menggunakan sabun cuci tangan alih-alih menggunakan deterjen khusus mencuci peralatan makan, dan dapurnya dibanjiri kuncup sabun, yang menutupi kakinya hingga lutut.

46. ​​Dia pernah meninggalkan wawancara pers untuk menonton Katie berenang

Katie Hoff adalah rekan satu tim Michael di klub renang mereka. Karena dia tidak ingin melewatkan momen, dia bergegas pergi dan menyaksikannya alih-alih melanjutkan wawancara setelah memenangkan rekor dunia pertamanya. Dia kembali lagi untuk melanjutkan wawancara setelah katie selesai bertanding.

47. Dia menghadapi tuduhan DUI pada tahun 2014

Pada titik tertentu, Michael mulai pesta minuman keras dan mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Untuk ini, pihak berwenang menangkapnya meskipun dia kemudian memutuskan untuk memeriksakan diri di pusat rehabilitasi.

48. Dia benci bangun dari tempat tidur di pagi hari

Keluarga Michael memiliki seekor kucing, Savannah, yang biasanya akan meringkuk di sampingnya setiap kali mereka berdua mengantuk. Di pagi hari, dia tidak ingin bangun dari tempat tidur meskipun dia selalu penuh energi begitu dia melakukannya.

49. Dia memiliki bagian tubuh yang tidak proporsional

The Swimming World Magazine menggambarkan tubuh perenang sebagai satu dengan lengan panjang, kaki pendek, badan panjang, dan kaki besar. Selain keterampilan dan kerja keras, Michael memiliki tipe tubuh ini dan itu berperan dalam karir renangnya. Berdiri di 6 kaki 4 inci ,  Phelps memiliki tubuh yang tingginya 6 kaki 8 inci ... dan kaki 8 inci lebih pendek. Dada besar yang tidak proporsional ini memungkinkan Phelps menggerakkan dirinya sendiri di dalam air.

50. Dia pernah terlihat merokok bong

Sebuah foto Michael merokok bong di sebuah pesta menjadi viral di internet pada tahun 2009. Meskipun dia tidak mengatakan apakah ada ganja di dalam bong, dia meminta maaf kepada keluarga, teman, dan penggemarnya dengan mengklaim bahwa itu adalah kesalahan besar.

Kata-kata bijak penuh motivasi Michael Phelps

1. “Anda tidak dapat membatasi apa pun. Semakin Anda bermimpi, semakin jauh Anda melangkah.”

2. “Saya tidak bisa memprediksi sesuatu yang bersejarah. Tapi tidak ada yang tidak mungkin.

3. “Saya ingin menguji kemampuan maksimal saya dan melihat seberapa banyak yang bisa saya lakukan. Dan saya ingin mengubah dunia renang.”

4. “Jika Anda ingin menjadi yang terbaik, Anda harus melakukan hal-hal yang orang lain tidak mau melakukannya.”

5. “Saya pikir segalanya mungkin selama Anda memikirkannya dan Anda melakukan pekerjaan dan waktu ke dalamnya. Saya pikir pikiran Anda benar-benar bisa mengendalikan segalanya. ”

6. “Saya pikir tujuan seharusnya tidak pernah mudah, mereka harus memaksa Anda untuk bekerja, bahkan jika itu tidak nyaman pada saat itu.”

7. “Semakin banyak Anda bermimpi , semakin banyak yang Anda capai.”

8. “Saya hanya bisa mengontrol kinerja saya sendiri. Jika saya melakukan yang terbaik, maka saya bisa merasa baik di penghujung hari.”

9. “Saya mendengarkan musik sebelum kompetisi untuk membuat saya bersemangat. Ini membantu saya tetap fokus.”

10. “Saya belajar seberapa cepat Anda bisa berubah dari menjadi pahlawan internasional menjadi referensi lelucon di acara bincang-bincang larut malam.”

11. “Saya makan cukup banyak apa pun yang saya inginkan. Saya tidak memiliki diet ketat. Ini semua tentang menjejalkan kalori sebanyak mungkin ke dalam sistem saya.”

12. “Tidak masalah apa lagi yang terjadi. Ketika Anda berjalan ke arena Anda - apa pun yang Anda kuasai, Anda berada di sana untuk mengurus pekerjaan yang harus Anda lakukan.”

Michael Phelps – Fakta dan statistik ringkasnya

Nama lahir    : Michael Fred Phelps II

Julukan:    Flying Fish, GOAT - Greatest of All Time, Mr. Swimming, Superman, The Baltimore Bullet.

Lahir:    30 Juni 1985, Baltimore, Maryland, Amerika Serikat

Kebangsaan:    Amerika

Agama:    Kristen

Pekerjaan:    Atlet Renang

Gaya Renang yang dikuasai: Stroke, Kupu-kupu, gaya ganti individu, gaya bebas, gaya punggung

Klub:    Klub Akuatik Baltimore Utara

Pelatih:    Bob Bowman

Penghargaan    Olahragawan Ilustrasi Olahraga Tahun 2008; Atlet pria Associated Press tahun 2008; Penghargaan ESPY Atlet Olimpiade AS Pria terbaik 2017, 2013, 2009.

Pendidikan:    Universitas Michigan

Orang tua:    Ayah - Michael Fred Phelps

Ibu:    Deborah Phelps

Saudara:    Hilary Phelps dan Whitney Phelps

Pasangan:    Nicole Johnson (Menikah. 2016)

Anak-anak:

Boomer Robert Phelps

Maverick Nicolas Phelps

Beckett Richard Phelps

Tinggi 6 kaki 4 inci (1,93 m)

Bobot 194 pon (88 kg)

Kekayaan Bersih    60 - 80 Juta USD

Post a Comment for "50 Fakta Menarik Tentang Michael Phelps, Atlet Renang Terbaik Sepanjang Masa"